Kabar Persidangan Endorse Umrah First Travel dan Artis Cantik Syahrini

Kasus penipuan jamaah umrah yang dilakukan agen First Travel kini sudah mencapai tahap mendengarkan keterangan para saksi. Sebelumnya, diberitakan salah satu artis ternama, Syahrini diyakini ikut serta menikmati sekitar Rp 1 Miliar uang perjalanan umrah yang diberikan oleh First Travel. Namun, pelantun tembang “Sesuatu” tersebut membantah tegas dan mengaku tidak tahu tentang uang yang konon diterimanya dalam bentuk endorse.

Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Depok, Heri Jeman pun menjelaskan bahwa postingan Syahrini atas perjalanan umrahnya bersama First Travel merupakan bentuk endorsement antara kedua belah pihak sebagai perjanjian kerja. Syahrini sempat mengatakan bantahan terkait dirinya yang dinilai mempromosikan First Travel melalui dua postingan umrahnya. Akan tetapi, pihak kejaksaan meyakini bahwa posting vlog serta video tersebut merujuk pada rangkaian endorse.

persidangan syahrini

Pada sidang kesaksian, sang artis yang dikenal dengan julukan “Princess” tersebut mengaku sempat mengunggah dua konten tentang First Travel selama sembilan hari. Konten tersebut berisi tentang kegiatannya selama mengikuti umrah serta tak lupa membubuhkan tagar  #VVIPFirstTravel di akhir postingannya. Menurut Heri, hal tersebut sudah termasuk endorse yang dilakukan oleh artis. Hal ini dilihat dari pakaian First Travel yang dikenakan Syahrini saat di video sambil menyapa jamaah First Travel lainnya.

Pihak JPU juga mengindikasikan adanya perjanjian kerja antara manajemen sang artis dengan First Travel yang sekaligus juga menjelaskan kewajiban yang harus dilakukan dalam kontrak tersebut. Satu diantaranya adalah poin yang mengungkapkan bahwa Syahrini bisa berangkat umrah dengan fasilitas VVIP hanya dengan membayar paket regular saja. Perlu diketahui, paket VVIP yang dikelola First Travel saat itu berkisar antara Rp 54 juta, sedangkan Syahrini yang semestinya membayar sekitar Rp 704 juta untuk 12 orang menjadi hanya Rp 197 juta saja.

persidangan syahrini 2

Sang artis juga menjelaskan terkait endorse yang ditetapkan manajemennya, yakni sekitar lebih dari 100 juta-an rupiah untuk satu kali postingan di akun Instagram miliknya. Syahrini juga menambahkan bila perjalanan dilakukan selama 9 hari, maka seharusnya pihak manajemennya menerima sekitar lebih dari 1 Miliar, bila memang benar kesepakatan tersebut terjadi.

“Tidak ada satu persen pun uang mengalir ke tangan Syahrini dari First Travel. Murni kerja sama kami, saya selaku artis harus mem-post,” ungkap wanita cantik tersebut. Artis kelahiran Sukabumi ini mengaku bahwa tidak ada sepeser pun uang yang ia terima dari First Travel. Hubungan kerja sama mereka murni hanya sebatas artis endorse di mana first travel memberikan produknya pada Syahrini sebagai influencer, dan Syahrini berkewajiban untuk mengiklankan produk mereka.

Atika Adinda Putri, seorang bekas pegawai First Travel yang mengurusi bagian keuangan, sebelumnya memberikan kesaksian bahwa memang benar sejumlah uang telah digelontorkan oleh pihak First Travel yang diperuntukan bagi perjalanan umrah Syahrini bersama keluarganya pada 2017 silam.

sidang pertama syahrini 3

Pengakuannya tersebut juga termasuk membenarkan isu bahwa Syahrini telah memperoleh tiket pesawat sebanyak 6 buah secara cuma-cuma, ditambah dengan umrah plus ke Turki sebanyak 12 paket yang setara dengan Rp. 1 Miliar. Kasus ini terus bergulir setelah ramai diperbincangkan publik tahun lalu. Jaksa mendakwa pemilik sekaligus Direktur Utama First Travel, Andhika Surachman dan istrinya Aniessa Hasibuan serta sang adik, Kiki Hasibuan telah melakukan penipuan serta penggelapan dana jamaah yang hendak melakukan perjalanan umrah melalui perusahaan mereka.

Setidaknya tercatat sebanyak 63. 310 calon jemaah yang gagal berangkat karena kasus penipuan biro perjalanan umroh tersebut. Bahkan kerugian yang telah ditaksir dalam kasus ini mencapai angka yang fantastis yakni Rp 905 Miliar. Demikian artikel informatif tentang perkembangan kasus penipuan perjalanan umrah First Travel dan keterkaitan artis cantik Syahrini dalam kasus tersebut. Semoga bermanfaat!